SISTEM REPRODUKSI MANUSIA



Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup sebagai usaha untuk melestarikan jenisnya. Kita sebagai manusia juga melakukan aktivitas tersebut. Di dunia ini terdapat dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. Pada usia belasan tahun, seseorang dikatakan memasuki dewasa. Pada usia tersebut, manusia mampu menghasilkan gamet atau sel kelamin.
1.      Sistem Reproduksi Pria
Sistem reproduksi pria berfungsi untuk menghasilkan sel kelamin jantan yang disebut sperma. Alat reproduksi laki-laki dibedakan menjadi dua macam yaitu: alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. Alat reproduksi luat terdiri dari penis dan skrotum. Sedangkan alat reproduksi dalam terdiri dari testis, epididimis, vasdeferens dan duktus ejakulatoris.
Sperma merupakan sel tunggal yang tersusun atas kepaladan ekor. Ekor berfungsi menggerakkan sperma, sedangkan kepala mengandung informasi genetik. Untuk keluar dari tubuh, sperma berenang melewati duktus epipidimis, vasdeferens, dan bermuara di vesikula seminalis  (katung sperma). Pada pertemuan uretra dengan vasa deferensia, terdafat kelenjar prostat dan dibelakangnya terdapat kelenjar cowper. Kedua kelenjar tersebut menghasilkan cairan semen yang berguna untuk memberi nutrisi dan mempermudah gerak sperma. Sperma dan cairan semen dikeluarkan melalui penis.


2.      Sistem Reproduksi Wanita
Pada wanita, terdapat sepasang ovarium yang berfungsi untuk menghasilkan ovum (sel telur). Masing-masing ovarium mempunyai saluran telur yang disebut tuba fallopii. Kedua saluran telur bermuara pada uterus (rahim). Serviks ( leher rahim) berhubungan dengan tempat keluarnya bayi yang disebut vagina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar